Penanganan file menggunakan PHP

Penanganan file menggunakan PHP

775
1
SHARE

Penanganan file menggunakan PHP. Saya pernah mendapat pertanyaan dari salah satu pengunjung harviacode.com, bagaimana caranya membuat generator kode hanya dengan menggunakan PHP. Pertanyaan yang cukup menarik. Mungkin ada dari beberapa kita yang tidak menyadari bahwa PHP mempunyai kemampuan menangani files. PHP bisa membuat file, mencopy file, me rename file, menghapus file, dan membaca file.

Penanganan file menggunakan PHP.

Berikut ini akan kita kupas penanganan file mengunakan PHP.

A. Membuat file baru dan menuliskan text di dalamnya.

Dengan teknik inilah saya membuat generator kode. Buatlah file index.php berikut ini dan jalankan melalui browser. Maka akan dibuat file baru bernama latihan.txt dengan tulisan di dalamnya.

Pada kode di atas akan dilakukan pengecekan file pada baris 6, jika file sudah ada maka ditampilkan pesan gagal membuat file pada baris 8. Jika belum ada, maka akan dibuat file baru dengan metode ‘w’. Metode ‘w’ artinya jika file belum ada, maka akan dibuat terlebih dahulu. kemudian isinya dikosongkan dan ditaruh kursor di awal baris. Lebih lengkap tentang metode yang dapat dipakai, silahkan langsung dilihat di fopen PHP manual.

Berikutnya adalah fput yaitu kita menuliskan data pada file yang tadi kita buat. Selanjutnya adalah menutup file tersebut.

Jika kita jalankan melalui browser kita tidak akan melihat proses penulisan kalimat pada file. Kita bisa melihat hasilnya dengan melakukan browse pada folder yang sama dimana kita menaruh index.php. Kita bisa membuat file html atau PHP dengan cara ini.

B. Membaca isi file

Berikutnya adalah kita akan mencoba menampilkan text yang tadi kita tuliskan ke browser. PHP mampu membaca isi file. Buatlah file baca.php dengan kode sebagai berikut.

Pada baris 3, kita menggunakan fopen dengan metode “r” yaitu membaca file dengan menempatkan kursor diawal file. Selanjutnya adalah membaca tiap baris data yang ada pada file. Dengan menggunakan looping while, akan dilakukan pembacaan dan echo hingga mencapai feof (akhir file). Maka isi file akan muncul pada browser.

C. Mencopy file

Fitur yang ini tidak kalah seru. Kita bisa mencopy file. Caranya adalah sebagai berikut.

Penggunaan copy sangat mudah, cukup ketikan copy(file_asal,file_tujuan). Perintah copy ini bisa kita gunakan untuk mencopy file apapun, misalnya foto dll. Coba jalankan file di atas dan lihatlah pada browse file maka akan terbentuk file baru hasil copy dari file latihan.txt yang tadi kita buat.

D. Me-rename file

Dengan rename kita juga bisa mengubah nama file dengan mudah. Buatlah rename.php dengan kode sebagai berikut.

Jalankan melalui browser dan lihatlah hasilnya dengan cara browse file. Maka file yang lama akan berubah nama menjadi nama file yang baru.

E. Menghapus file

Untuk yang satu ini mungkin kita sudah tidak asing. Kita biasa menggunakan unlink() untuk menghapus file gambar. Kita hanya tidak menyadari bahwa selain menghapus file, PHP juga mampu melakukan hal-hal di atas. hehe.

penanganan file php

Jalankan file di atas melalui browser dan boommm maka file akan hilang. Kasus-kasus korupsi hilang… hahaha.. mudah bukan.

Demikianlah penanganan file menggunakan PHP, selamat mencoba. Jangan ragu untuk berkomentar. Pada kesempatan berikutnya kita akan membahas penanganan folder menggunakan PHP. Ditunggu ya.. Terima kasih…

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

1 COMMENT

LEAVE A REPLY