Menampilkan checkbox dari database menggunakan PHP

Menampilkan checkbox dari database menggunakan PHP

2371
4
SHARE

Menampilkan checkbox dari database. Hmm.. gimana ya caranya.. Menjawab pertanyaan salah satu pengunjung harviacode.com, berikut ini kita akan membahas bagaimana menampilkan checkbox dari database. Tidak hanya menampilkan, namun kita akan coba melakukan submit, dan menampilkan kembali data yang tadi kita check.

Menampilkan checkbox dari database menggunakan PHP

Sebelum membuatnya perlu kita ketahui bahwa input checkbox akan kita tampilkan menggunakan looping dengan name berupa array, sehingga data yang dihasilkan juga akan berupa array. Sebelum kita menyimpan ke database, kita akan melakukan serialize atas array tersebut sehingga array tersebut berubah menjadi string dengan format serial. Sebenarnya kita bisa saja menggunakan implode untuk mengubahnya ke string, namun saya lebih menyukai serialize sebab akan lebih aman. Jika kita menggunakan implode dengan glue tanda koma, maka akan muncul masalah ketika data kita memliki tanda koma di dalamnya.

checkbox dari databaseBaik langsung saja berikut ini adalah kodenya. Saya telah menambahkan catatan dalam kode tersebut agar lebih mudah dipahami.

Jalankan kode diatas dan cobalah memilih beberapa provinsi dan klik tombol submit. Maka akan dimunculkan string yang akan disimpan ke database. Selain itu provinsi yang tadi kita cek akan tetap ter cek sebab kita telah melakukan proses pengecekan dengan menggunakan in_array pada baris 46.

Mudah bukan, silahkan dicoba terlebih dahulu. Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com. Share yaaa…

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

4 COMMENTS

  1. mas mau tanya, jika untuk menampilkan data nama provinsi saja yang sudah tersimpan ke tabel bagaimana ya? karena data yang tersimpan a:3:{i:0;s:4:”Bali”;i:1;s:6:”Banten”;i:2;s:8:”Bengkulu”;}.
    terima kasih sebelumnya

    • Pertama, diunserialize dulu $data = unserialize($pilihan); maka kita sudah mendapatkan data dalam bentuk array ($data). Tinggal kita tampilkan array tersebut menggunakan looping. Bisa menggunakan foreach. Misalnya :
      foreach ($data as $value) {
      echo $value;
      }

      Semoga membatu mas Ikamri

      • terima kasih mas admin sarannya. ada yang ingin saya tanyakan lagi mas admin..
        saya sudah buat scriptnya seperti ini http://pastebin.com/HfNG2WJ5
        dan hasilnya : Bali Banten Bengkulu Aceh, padahal didatabasenya :
        id | nama_kota |
        1 | a:2:{i:0;s:4:”Bali”;i:1;s:6:”Banten”;} |
        2 | a:2:{i:0;s:8:”Bengkulu”;i:1;s:4:”Aceh”;} |
        sedangkan yang saya inginkan hasilnya :
        1. Bali Banten
        2. Bengkulu Aceh
        Mohon bantuannya mas admin, maaf telalu banyak tanya maklum masih newbie
        trima kasih mas

LEAVE A REPLY