Menggunakan datepicker dan bootstrap

Menggunakan datepicker dan bootstrap

2504
20
SHARE

Halo sahabat… pagi ini ada pertanyaan dari pengunjung harviacode tentang bagaimana menggunakan datepicker. Saya coba cari di harviacode dan ternyata saya belum membuat artikel tentang penggunaan datepicker dan bootstrap. Saya lihat di arsip komputer ternyata saya sudah membuatnya, tapi belum saya upload. Jadi sekarang kita simak yuk gimana caranya menggunakan datepikcer dan bootstrap.

Javascript bahasa client side.

Perlu kita pahami bahwa datepicker ini menggunakan javascript, dan kita tahu bahwa javascript adalah bahasa client side. Artinya, scope penggunaanya hanya pada view saja. Sebagai contoh jika Anda menggunakan framework Codeigniter, anda tidak perlu melakukan perubahan apa-apa pada controller dan model. Cukup di view saja.

Baik, agar lebih paham kita langsung praktekkan saja.

  1. Pertama kita perlu download bootstrap , bootstrap datepicker dan jquery.
  2. Lalu buatlah file index.php dengan kode sebagai berikut

Jalankan file index tersebut menggunakan browser, dan berikut ini adalah hasilnya jika tidak ada kesalahan.

bootstrap datepickerGimana, mudah kan.. selamat mencoba. Jika ada pertanyaan, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar ya. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

20 COMMENTS

  1. untuk pengaturan controllernya bagaimana ya?
    ketika saya menggunakan format yyyy-mm-dd bisa masuk ke database dengan mudah, tapi dengan menggunakan format dd-mm-yyyy value tidak bisa masuk ke database, bagaimana solusinya ya min?

    • tinggal di ubah format aja mas sebelum disimpan ke database.. silahkan pelajari tentang explode atau substring. intinya tanggal di pecah2 dulu, kemudia disusun ulang menjadi format mysql..

    • wah.. berarti ada javascript yang konflik mas.. kalo menggunakan 2 jquery, coba salah satu jquerynya dulu mas. atau lihat consolenya dengan cara menekan f12 nanti akan kelihata errornya apa

    • jquerynya sudah ditambahkan mas? lalu selector $(‘#tanggal’) ini artinya input tersebut harus memiliki id=”tanggal”. pastikan input tanggalnya memiliki id yang sama dengan selectornya.

      Jika masih belum bisa, coba lihat error pada console browser, caranya tekan tombol f12 (jika anda menggunakan firefox), pilih pada bagian console, lalu refresh halaman.

LEAVE A REPLY