Delay on keyup AJAX

Delay on keyup AJAX

148
0
SHARE

Hallo sahabat harviacode.com… mohon maaf cukup lama vakum menulis karena banyak kegiatan lain. Kali ini kita bahas AJAX yuk..

Bahasan kali ini khusus tentang fungsi keyup untuk menjalankan ajax. Bagi anda yang sering bermain ajax, tentu tidak asing dengan keyup kan. Dengan keyup pengguna akan merasakan pengalaman yang asik saat menggunakan aplikasi, karena bisa secara langsung mendapatkan hasil ketika mengetik. Contohnya misalnya mengetik username dan server langsung memberi tahu bahwa username tersebut telah terpakai saat kita mengetiknya.

Namun kita perlu berhati hati dalam menggunakan keyup, karena salah penggunaan bisa membebani server akibat request yanng banyak. Kebanyakan dari kita kita menggunakan keyup tanpa menerapkan delay. Akhirnya bisa ditebak, request akan selalu kirimkan setiap user selesai menekan keyboard. Jadi misalnya user mengetik 15 huruf, maka akan dikirimkan 15 kali request. Kalo penggunanya 100 orang, totalnya mencapai 1500 request. Dalam skala yang lebih besar, dampaknya jadi not responding atau minimal aplikasi menjadi lambat.
delayLalu bagaimana mencegah itu? caranya adalah menggunakan delay. jadi kita tidak lagi mengirimkan request setiap user selesai menekan tombol, melaikan menunggu beberapa waktu atau menunggu user selesai mengetik kata yang dimaksud. Dengan cara ini, request bisa dilakukan satu kali meskipun user mengetikkna 15 huruf.
delay on keyup

Berikut ini adalah kode penggunaan delay pada onkeyup

Link Demo dan download menyusul ya.. . Selamat mencoba. Jangan ragu untuk berkomentar di bawah jika menemukan kesulitan.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY