Menghitung kata yang di sensor

Menghitung kata yang di sensor

118
0
SHARE

Pada posting saya sebelumnya tentang membuat filter kata jelek di PHP, ada pertanyaan salah satu pembaca, yaitu bagaimana menghitung jumlah kata yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan.

Dalam pertanyaan tersebut di contohkan sebagai berikut :

Misalnya kata “Ayam goreng tepung rasa Sapi”
Nah, kata yang akan di tandai sebagai kata yang gak boleh itu ayam dan sapi.
Kita harus itung ada berapa kata yang di tandai gak boleh dan yang di tandai boleh.
Jadi hasilnya itu
Kata boleh : 3 kata
Kata ngga boleh : 2 kata

Sebenarnya cukup mudah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Langkah pertama adalah memecah kalimat menjadi kata-kata, lalu memeriksa tiap kata tersebut dengan membandingkannya dengan daftar kata sensor yang kita miliki. Berikut ini saya membuat fungsi untuk menjalankan skenario tersebut.

perlu menjadi perhatian, kita membuat fungsi in_arrayi untuk mengabaikan case insensitive, sehingga Ayam akan sama dengan ayam. Jika menggunakan in_array bawaan PHP, maka dua kata tersebut dianggap berbeda. Selain itu kita juga mengubah tanda titik, sebelum memeriksa tiap kata, karena jika kata sapi berada di akhir kalimat, akan bersamaan dengan tanda titik, menjadi “Ayam goreng tepung rasa Sapi.”. Jika titik tidak dihilangkan, maka Sapi. akan lolos dari sensor, karena dalam daftar sensor hanya kata sapi tanpa tanda titik.

Berikut ini adalah contoh penggunaannya.

Dan berikut ini adalah hasilnya pada browser

filter kata jelek PHP

Bagaimana, mudah bukan. Selamat mencoba, jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY