Membuat agenda dengan php dan mysql (Update)

Membuat agenda dengan php dan mysql (Update)

115
4
SHARE

Pada artikel terdahulu, saya telah menulis bagaimana membuat agenda menggunakan PHP dan MYSQL. Berhubung banyak sekali pertanyaan masuk terkait artikel tersebut, saya putuskan untuk menulis ulang artikel dengan kode yang terbaru yaitu menggunakan mysqli dan stuktur kode yang lebih rapi.

Berikut ini adalah demo dan link download dari agenda yang akan kita buat.

DEMO | DOWNLOAD

Membuat Agenda dengan PHP dan MySQL

Untuk membuat agenda seperti contoh di atas, berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1. Membuat database dan table. Kita membuat database bernama ‘harviacode’ dan kita buat tabel di dalamnya dengan syntax sbb :

2. Buatlah file koneksi.php untuk koneksi ke database tersebut

3. Buatlah file json.php untuk mengambil data dan mengubahnya ke format json

4. Download CSS dan JS yang dibutuhkan dan taruh dalam folder CSS dan JS. Anda bisa mendownloadnya di link donwload di atas.

5. Buatlah file index.php untuk menampilkan kalendar. Di sini saya menggabungkannya dengan template demo bootstrap agar terlihat lebih menarik.

Sampai disini silahkan bukan file index.php tersebut melalui browser. Jika tidak ada kesalahan maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

membuat-agenda-php-mysqlFAQ :

  • kalendar tidak muncul : pastikan tersambung internet karena kita menggunakan CDN untuk CSS Boostrap dan JS Jquery.
  • muncul pesan json error : pastikan tidak ada kesalahan query pada json dan file json.php bisa diakses lewat browser.

Selamat, anda telah berhasil membuat agenda menggunakan PHP dan MySQL.

Langkah berikutnya adalah membuat form untuk menambah / mengedit / menghapus data agenda. Di sini silahkan membuat CRUD sesuai creatifitas masing-masing. Tidak ada aturan khusus untuk membuatnya, yang penting data bisa masuk ke database.

Pada file download Anda akan mendapatkan contoh file untuk CRUD agenda. Saya tidak akan menjelaskan lagi karena saya anggap Anda telah memahami CRUD dengan PHP dan Mysql. Oia, saya juga menggunakan datetimepicker pada form CRUD agar pemilihan tanggal menjadi lebih mudah.

Selamat mencoba, jangan lupa like facebook harviacode.com ya. Jika masih bingung, jangan ragu menuliskan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY