Membuat slug javascript

Membuat slug javascript

64
0
SHARE

Halo sahabat harviacode, kita bahas slug lagi ya. Slug merupakan hal yang penting bagi Anda yang memperhatikan SEO. Saya sudah pernah menulis artikel tentang bagaimana membuat slug dengan fungsi PHP di sini. Dalam kesempatan ini tutorial sedikit berbeda, karena kita tetap menampilkan slug pada field sehingga bisa kita ubah secara manual jika diperlukan.

Jika Anda pengguna wordpress, tentu pernah melihat permalink yang bisa diedit bukan? nah ini idenya sama. Berikut ini adalah tampilannya setelah kita selesai membuat kode

slug javascript

Ketika kita mengetikkan judul, secara langsung SEO akan terbentuk (realtime). Kita juga bisa mengubah slug tanpa mengubah judul.

Membuat slug javascript

Untuk membuat tampilan seperti di atas sangat mudah. Kita hanya perlu memanfaatkan onkeyup dan fungsi javascript untuk mengubah judul menjadi slug. Cara kerjanya yaitu ketika kita mengetikkan judul, text yang ada di field judul akan dikonversi menjadi slug dan ditampilkan dalam field slug.

Berikut ini adalah kodenya

Lalu apa bedanya dengan tutorial sebelumnya min? bukannya di artikel sebelumnya lebih mudah karena kita tidak perlu mengetahui proses pembuatan slug dan terima hasilnya secara langsung. Iya benar, namun untuk membidik kata kunci dalam SEO, tidak selamanya permalink sesalu sama dengan judul. Dengan cara ini, pengguna menjadi lebih bebas dalam menentukan permalink, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Tutorial di atas masih sangat dasar, Anda dapat mengembangkan lebih lanjut. Misalnya menambahkan validasi sebelum menyimpan di database, sehingga tidak ada slug yang duplicate.

Mudah bukan, jika ada pertanyaan, jangan ragu menulisnya dikolom komentar ya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY