Cara membuat datatable serverside pada Codeigniter dengan join table

Cara membuat datatable serverside pada Codeigniter dengan join table

198
0
SHARE

Cara membuat datatable serverside pada Codeigniter. Saya tertarik membahasnya lagi karena banyak sekali pertanyaan masuk terkait penggunaan datatable. Datatable memang favorit kebanyakan progmrammer karena kita tidak perlu lagi memikirkan paginasi, sorting dan searcing.

Saya pernah membahas bagaimana cara membuat datatable serverside pada codeigniter di sini. Namun pada artikel tersebut, kita belum bisa menggunakan JOIN table. Nah, pada kesempatan ini kita akan membuatnya bisa JOIN table. Jadi kita akan membahas datatables serverside plus join table. Dengan cara ini kita tidak perlu khawatir meskipun data kita puluhan ribu sekalipun. Penasaran? yuk langsung kita buat.

Cara membuat datatable serverside pada Codeigniter dengan join table

Skenarionya, kita memiliki table kota dan negara. Kita akan joinkan kedua table tersebut dengan kode negara. Mana tablenya gan? tenang, nanti bisa di download semua kode termasuk databasenya di akhir artikel ini.

1. Pertama kita tempatkan dulu file ignited datatable dalam folder application/libraries. Anda bisa membaca tentang ignited datatables secara lengkap di sini.

2. Buat Controller World.php dengan kode sebagai berikut.

Ada method index() untuk menampilkan halaman world. dan method json() untuk menampilkan data json yang dbutuhkan datatables.

3. Buat Model World_model.php dengan kode sbb :

Didalamnya terdapat method json() yang menjalankan query. Perhatikan disana kita bisa menggunakan join table. inilah yang paling utama dari tutorial ini.

add_column untuk menambahkan kolom secara manual. ada $1 disana yang akan di ganti dengan kolom ID. sehingga nilai $1 akan berubah sesuai ID nya. hal ini untuk keperluan edit atau delete.

Hal penting lainnya, Anda HARUS mendefiniskan field pada select satu-persatu. Jika anda menggunakan *, maka pada bagian add column tidak ada jalan. Jika ada nama field yang sama, gunakan alias seperti contoh di atas.

3. Buat View world.php. dengan kode sbb :

Kita menginclude kan css dan js yang diperlukan. Lalu membuat table dengan id=”mytable”. table ini harus memiliki <thead>.

Pada baris 90 s.d 99, kita definisikan alamat untuk datanya, yaitu controller world dan method json. kita definisikan juga kolomnya satu persatu, sesuai dengan data yang kita ambil di model.

Pada baris 102 s.d 108 kita tambahkan nomor urut pada kolom pertama, sehingga tampilan lebih menarik.

Pada baris 75 s.d. 84 kita ubah event searching dari keyup menjadi enter. secara default pencarian akan langsung berjalan ketika kita mengetikkan kata kunci. untuk data yang besar ini akan membebani server, makanya kita ubah trigernya menjadi enter. jadi untuk pencarian, kita ketik katakuncinya baru kita enter.

Selesai. Coba untuk membuka controller world melalui browser. dan lihatlah hasilnya.

Anda bisa mendownload file lengkap beserta dengan databasenya di sini. Demonya ada di video di atas ya.

Mudah bukan? selamat mencoba. Jika ada pertanyaan, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar ya. Terima kasih telah berkungjung ke harviacode.

Bagikan artikel ini ya.. terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY