Hallo… sahabat harviacode, mohon maaf lama banget vakum menulis. Belakangan banyak project yang harus diselesaikan, jadi tidak sempat menulis. Saya mendapatkan banyak pertanyaan tentang bagaimana menggunakan chained dropdown pada codeigniter.

Dengan chained dropdown, kita bisa membuat select yang tergantung pada select lain tanpa dipusingkan dengan ajax yang banyak. Misalnya kita membuat pilihan provinsi, lalu saat provinsi dipilih, akan ditampilkan kota yang ada dalam provinsi tersebut, lalu ketika kota dipilih akan ditampilkan kecamatan yang ada pada kota tersebut dst..

screenshot

Sebenarnya kita sudah pernah membahas hal ini di . Nah pada kesempatan ini, kita bahas versi CI nya. Baik, biar tidak penasaran, langsung saja kita mulai.

Pertama, kita siapkan database (anda bisa mendownloadnya di link di bawah). Kita membuat tabel provinsi, kota dan kecamatan

Kedua, Atur koneksi di database.php serta load url helper melalui autoload ya.

Kita buat Model bernama Chain_model.php dengan kode sbb :

Kita buat Controller bernama  Chain.php dengan kode sbb :

Kita buat View bernama Chain.php dengan kode sbb :

OK selesai, jalankan kode tersebut melalui browser, dan cobalah memilih provinsi jawa barat, maka pada pilihan kota hanya akan ditampilkan kota di jawa barat. Jika kita pilih jawa timur, hanya akan ditampilkan kota di jawa timur. Demikian juga dengan kecamatan. Mudah bukan, selamat mencoba.

DOWNLOAD

Jika ada masalah, silahkan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih telah berkunjung ke harviacode.com.