Ok melanjut postingan sebelumnya tentang migrasi harviacode, kali ini kita akan ngomongin proses migrasinya yang menurut saya cukup simple, sesuai dengan kondisi yang kita hadapi saat itu.

Kondisi yang ada saat akan migrasi :

  • Domain dan hosting harviacode ada di satu perusahaan hosting lokal, sebut saja “Server Lama”.
  • Seperti dikisahkan pada postingan sebelumnya, previllage admin dibobol. Yang paling efisien dilakukan saat itu adalah scan database dengan menjalankan query untuk masing-masing tabel yang ada. Sementara file lainnya tidak kita cek lagi.
  • Berhubung postingannya lumayan banyak isi gambar, kita putuskan hanya menyelamatkan file image di folder upload. So terpaksa kita periksa file yang ada di dalam folder upload satu per satu. Selain image akan saya delete. Selanjutnya compress folder n download.
  • File template? Lupakan! Kita ga mungkin ngecek per baris script. Ganti template.

Berhubung harviacode menggunakan WordPress, maka rencana migrasinya :

  1. Ekspor data post ke xml dengan tool export bawaan WordPress. Save n simpan di kompi lokal.
  2. Karena kita ingin situs harviacode yang lama tetap berjalan sampai proses migrasi selesai, maka perlu mencari domain gratisan dan mengarahkan nameserver ke alamat server baru.
  3. Install WordPress di server baru
  4. Install tool WordPress Importer dan import file xml hasil langkah no. 1 di atas
  5. Masuk ke public folder dan import file image, atau bisa drag n drop via ftp
  6. Test website dengan domain gratisan pada langkah no. 2

Guna meminimalisasi potensi error, Kita tes dulu dengan meng-install WordPress di kompi lokal dan menjalankan langkah selanjutnya sesuai rencana yang sudah disusun. Dan Alhamdulillah ternyata harviacode lokal berjalan sesuai harapan. So dengan mantab kita eksekusi di server baru.

Pada kenyataannya proses migrasi tidak sampai 1 jam sudah kelar. Berhubung ganti template, kita perlu mengatur ulang layout halaman serta melengkapi featured image masing-masing post agar terlihat lebih ganteng. Rencana awal, proses ini menghabiskan waktu kira-kira 2 minggu.

Celakanya ketika kami tes pencarian di Google, ada dua situs yang muncul yaitu harviacode.com yang ada di server lama dan harviacode server baru dengan domain gratisan. Akhirnya kita kebut pengerjaan layout n image-nya dan segera mengarahkan harviacode.com ke server baru dengan masa propagasi sekitar dua hari. Sakjane masih ada featured image yang belum lengkap, sebagian besar post di kategori PHP. Entahlah mungkin suatu saat nanti kita lengkapi.

Dan.. selesailah proses migrasi harviacode.com. Dengan segala keterbatasan yang ada kita berharap situs ini dapat bermanfaat buat teman-teman. Akhir kata, terima kasih telah berkunjung, please like, rate, share, comment, n follow sosmed kami, karena itu bisa menambah semangat dan membuat kita bahagia hehehe… Salam josss!!!