Berhubung banyak request tentang topik ini, akhirnya kita buat artikel coding perdana pasca migrasi tentang Notifikasi yang akan Naik Pangkat dalam x Hari.

Misalkan manteman mengembangkan aplikasi kepegawaian, dimana kenaikan pangkat pegawai terjadi secara reguler, katakanlah 4 tahun sekali, maka idealnya aplikasi yang kita buat harus mampu menampilkan informasi “berapa jumlah dan siapa saja pegawai yang akan naik pangkat dalam kurun waktu tertentu”, dalam pembahasan ini kita akan mencari data pegawai yang akan naik pangkat dalam waktu 30 hari ke depan. Dengan adanya notifikasi ini, diharapkan bagian SDM tidak terlambat mengajukan kenaikan pangkat pegawai bersangkutan.

Tidak hanya kenaikan pangkat, pembahasan studi kasus ini juga dapat diimplementasikan untuk kasus lain seperti kenaikan gaji berkala, jatuh tempo pembayaran, dll.

Perlu saya infokan, pada postingan x ini penulisan kodenya menggunakan teknik OOP PHP biasa, ga pake framework. Harap maklum ya, karena saya belum ada kesempatan untuk menjalin hubungan yg lebih intim dengan CI atau Laravel. Dan saya rasa ga masalah mau pake framework atau cara konservatif.

1. Siapkan Tabel Pangkat Pegawai

Ok kita mulai saja, anggap saja kita memiliki tabel pangkat pegawai, dimana terdapat field tanggal kenaikan pangkat sebelumnya (tgl_pangkat1) dan tanggal kenaikan pangkat berikutnya (tgl_pangkat2) seperti gambar berikut :

Tabel Pangkat

 

2. Cari Selisih tgl_pangkat2 dengan Tanggal Sekarang

Kita pake SQL untuk mencari selisih antara tgl_pangkat2 dengan tanggal sekarang

Query Pangkat

 

3. Create View dari Hasil Query

Hasil query kita simpan dalam view MySQL sehingga tidak perlu meng-query berulang kali.

Create view_pangkat

Setelah klik “OK” pada window view, kita dapat melihat tabel view pada sidebar phpmyadmin. Data yang akan ditampilkan di frontend nantinya akan merujuk pada view ini.

Struktur Tree Tabel

 

4. Tampilkan Data

Ok inti permasalahannya sudah dibahas pada setp 1-3 di atas. Sekarang tinggal menampilkan data. Di sini saya menggunakan SB Admin template untuk menampilkan data. Membuat class “pangkat” yang berisi query untuk narik data, dan selanjutnya memanggil class tersebut untuk menampilkan data di naik_pangkat.php dan dashboard.php.

 

Kemudian membuat halaman naik_pangkat.php untuk menampilkan data pegawai yang akan naik pangkat

 

Terakhir, membuat halaman dashboard.php (optional) untuk menampilkan jumlah pegawai yang akan naik pangkat

 

DEMO | DOWNLOAD

Done…! Ga susah kan ya.. Ok sekali lagi tidak bosan-bosan kami sampaikan mohon share, rate, dan follow sosmed kami karena itu membuat kami tetap semangat dan kita semua bahagia huahahahaha… Eh btw manteman sudah tahu cara potong template kan? Kalo belum akan kita buatkan artikelnya. Atau ada pertanyaan seputar topik ini? Silakan posting di kolom komentar. Insyaallah asap kita jawab.