Saat belajar pemrograman tentu kita akan sering berhubungan dengan database. Salah satu hal yang biasanya menjadi kendala bagi pemula yang belajar pemrograman yaitu menampilkan data dengan limit dan dibagi menjad per halaman.
Berikut ini kita akan belajar mengenai paginasi atau membuat halaman untuk menampilkan data mysql yang banyak.

LIVE DEMO

Membuat paginasi atau halaman PHP Mysql

Untuk mempermudah membuat paginasi, kita akan menggunakan fungsi pagination dari http://www.phpeasycode.com (anda bisa mendownloadnya pada link di bawah). Selain itu kita juga menggunakan bootstrap.css untuk mempercantik tampilan tabel kita nantinya.

Baiklah langsung saja kita mulai membuatnya.
Step 1 : Buatlah database dengan nama apa aja. Misalnya harviacode. Kemudian buatlah tabel provinsi dan masukkan data provinsi. (anda dapat mendownload file sqlΒ  dan file lainnya pada link di bawah)
Step 2 : Copy paste pagination1.php ke dalam folder project Anda.
Step 3 : Buatlah file index.php dengan kode sebagai berikut :

 

Step 4 : Jalankan index.php melalui browser. Maka akan terlihat hasilnya seperti live demo berikut ini.

LIVE DEMO | DOWNLOAD

Perlu menjadi perhatian bahwa parameter ?pagination=true pada variabel reload hanyalah parameter fake yang tidak akan kita pakai nilainya. tapi kita perlu menambahkan parameter tersebut sebab link pagination akan menambahkan ‘&page=2’ pada URL. Bila kita tidak menambahkan parameter awal maka alamat URL akan menjadi domain.com&page=2 dan akan menghasilkan error 404.

Pada artikel berikutnya kita akan menambahkan form pencarian sehingga user bisa melakukan pencarian provinsi dengan mudah.

Cukup mudah bukan.. jangan lupa komentarnya ya.. Terima kasih.