Laragon adalah perangkat lunak seperti halnya XAMPP dan WAMP, yang digunakan untuk membangun local development environment pada Sistem Operasi Windows. Namun selain menyertakan PHP, Apache Web Server, dan Database MySQL dalam paket instalasinya, Laragon juga menyediakan segudang fitur menarik yang sangat relevan dengan kebutuhan pengembangan web dewasa ini.

Berikut lima fitur yang membuat penulis terkagum-kagum dengan Laragon.

COMPOSER

Saat ini banyak Library PHP yang mensyaratkan penggunaan Composer dalam proses instalasinya. Selain kemudahan instalasi library, Composer akan memeriksa apakah library yang sedang kita install ini membutuhkan library lain atau tidak. Jika iya maka Composer akan men-download-nya secara otomatis. Kemudian Composer juga melakukan pengecekan versi dan modul PHP yang dibutuhkan oleh si library. Dan yang tak kalah penting, Composer akan mempermudah proses update library yang kita gunakan.

Dengan Laragon kita tidak perlu lagi meng-install composer, namun cukup buka terminal dan ketikkan perintah Composer.

INTEGRATED TERMINAL

Laragon juga menyediakan console emulator (Cmder) yang siap digunakan tanpa harus menambahkan environment variables di Windows. Install library dengan perintah Composer? Execute script php via CLI? Yah dengan fitur ini penulis rasa semuanya akan menjadi lebih mudah dan hemat waktu.

APACHE & NGINX

Selain Apache, Laragon juga menyertakan Nginx yang sedang naik daun belakangan ini. Dan keduanya dapat running bersamaan. Secara default Apache menggunakan port 80 sementara Nginx di port 8080.

Kegembiraan kita semakin bertambah karena bisa menggunakan secure protokol https pada localhost hanya dengan mencentang “enabled” di bagian SSL pada menu preferences Laragon.

MULTI-VERSI PHP, APACHE, MYSQL, NODE.JS

Di Laragon, kita juga dapat menambahkan berbagai versi PHP, Apache, MySQL, dan Node.JS. Tentu sangat bermanfaat apabila kita mengerjakan lebih dari satu project dimana project A mensyaratkan PHP 7.x, sementara project B membutuhkan PHP 5.x misalnya.

SHARE WITH NGROK

Laragon juga menyertakan Ngrok dalam instalasinya sehingga kita bisa mengakses project di localhost lewat internet. Fitur ini terdapat di Menu->www->share->pilih project. Hanya dengan single click kita akan mendapatkan alamat subdomain Ngrok dan seketika itu juga dapat mengakses project di localhost via internet. Josss banget kan?

Tentunya masih banyak lagi fitur yang disediakan oleh Laragon, seperti Memchached, Redis, MongoDB, Quick app – single click instalasi framework dan CMS,  Mail Chatcher – Sender, pengaturan hostname, dan lain sebagainya. Jika ada kesempatan akan kita bahas dikemudian hari. 

Sekian postingan untuk hari ini, semoga bermanfaat bagi penulis dan Pembaca sekalian.