Artikel ini adalah pembaruan dari artikel sebelumnya yaitu Membuat Laporan PDF dengan MPDF

Pada postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat file PDF berdasarkan dokumen html dengan Library MPDF. Pembahasan akan kita bagi menjadi 5 tahapan yaitu :

  1. Requirements, tools apa saja yang dibutuhkan
  2. Struktur folder
  3. Instalasi Library MPDF
  4. Pembuatan halaman cetak PDF
  5. Testing

Setiap langkah akan disajikan dalam bentuk tab berikut.

REQUIREMENTS

  • Komputer/ laptop teman-teman sudah terinstal minimal webserver Apache dan PHP versi 5.6 keatas. Jika belum, penulis merekomendasikan untuk menggunakan paket local development environment seperti XAMPP, WAMP, MAMP, LAMP, atau Laragon (hanya tersedia untuk OS Windows).
  • Composer. Untuk dapat menggunakan Library MPDF, teman-teman wajib menggunakan Composer. Jika belum terinstall, penulis merekomendasikan teman-teman untuk menggunakan Laragon, karena Laragon sudah menyertakan Composer dan Terminal yang mudah digunakan, selengkapnya dapat dibaca di sini.
  • Library MPDF, yang nantinya akan kita install via Composer.
  • Text editor, seperti Notepad ++, Sublime Text, Visual Studio Code, dan lain sebagainya.

STRUKTUR FOLDER

Project folder kita bernama cetak_pdf_mpdf. Di sini penulis menggunakan Laragon sehingga struktur foldernya sebagai berikut :

Untuk pengguna XAMPP, folder cetak_pdf-mpdf akan berada di dalam folder htdocs.

Pada gambar di atas dapat dilihat di dalam folder cetak_pdf_mpdf terdapat :

  1. Folder aset, berisi file css dan js Bootstrap 3
  2. index.php, halaman yang akan ditampilkan pertama kali oleh browser jika kita mengarahkan url ke localhost/cetak_pdf_mpdf
  3. cetak.php, file cetak dokumen PDF yang akan kita buat.

Folder aset dan file index.php ini digunakan hanya untuk kepentingan demo agar tampilannya lebih rapi, tidak berhubungan langsung dengan cara kerja Library MPDF. Teman-teman dapat mengunduh file tersebut di sini.

Selanjutnya kita akan memasang Library MPDF via Composer dan membuat file cetak.php

INSTALASI LIBRARY MPDF

Silakan buka command prompt/ terminal. Untuk pengguna Laragon, klik tombol “Terminal” pada panel utama Laragon.

Arahkan ke direktori project kita yaitu cetak_pdf_mpdf, perhatikan kode berikut :

 

Jika berhasil tampilannya akan tampak seperti gambar berikut.

Selanjutnya kita coba cek kembali struktur folder project ini untuk memastikan keberhasilan instalasi Library MPDF tersebut. Di folder cetak_pdf_mpdf akan ketambahan sebuah folder benama vendor, dan dua buah file masing-masing composer.json dan composer.lock, seperti gambar di bawah ini.

Dapat kita lihat di dalam folder vendor terdapat beberapa subfolder, salah satunya mpdf. Untuk dapat menggunakan Library MPDF ataupun library lain yang diinstall via Composer, wajib hukumnya bagi kita untuk memuat autoload.php yang ada di folder vendor ini. 

Selanjutnya kita akan membuat halaman cetak.php

MEMBUAT HALAMAN CETAK PDF

Buat file cetak.php di dalam folder cetak_pdf_mpdf dengan kode sebagai berikut.

File cetak.php ini berisi tag heading <h1>, sebuah paragraf, dan sebuah tabel yang datanya berasal dari array $data. Jika ditampilkan melalui url localhost/cetak_pdf_mpdf/cetak.php, tentunya browser masih mengenali file cetak.php ini sebagai dokumen HTML. Sekarang kita akan menyisipkan kode untuk memuat file autoload.php, membuat instance dari class Mpdf, dan memberikan nilai untuk setiap parameter konfigurasi. Berikut kodenya.

Selanjutnya tambahkan kode berikut dibawah tag </html>.

Berikut versi lengkap cetak.php

Untuk setting lanjutan dapat dilihat di sini.

TESTING

Ok file cetak.php sudah selesai kita kerjakan. Sekarang silakan buka browser, arahkan url ke localhost/cetak_pdf_mpdf/cetak.php. Browser akan mengenali halaman tersebut sebagai dokumen PDF.

Teman-teman juga dapat mengaksesnya lewat localhost/cetak_pdf_mpdf, dimana halaman ini akan memunculkan tombol cetak yang mengarah ke file cetak.php tadi.

Oke sampai disini dulu postingan untuk hari ini, semoga bermanfaat.

DEMO